Pengertian
Blog
Blog merupakan singkatan dari "web log"
adalah bentuk Aplikasi Web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai
posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali
dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang
lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya
dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari
si pengguna blog tersebut. Blog juga dikenal dengan Website Gratis.
Blog pertama kali di populerkan
oleh blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab yang kemudian diambil oleh om
Google pada akhir tahun 2002.
Popularitas
Blog
Setelah awal
yang lambat, blogging dengan cepat mendapatkan popularitas. Penggunaan Blog
menyebar selama tahun 1999 dan tahun-tahun berikutnya, yang lebih dipopulerkan
oleh kedatangan hampir bersamaan yang pertama host blog tool, diantaranya :
- Bruce Ableson
meluncurkan Diary Terbuka pada bulan Oktober 1998, yang segera tumbuh
menjadi ribuan buku harian online. Diary Buka inovasi komentar pembaca,
menjadi komunitas blog pertama dimana pembaca bisa menambahkan komentar ke
entri blog penulis lain '.
- Brad Fitzpatrick - LiveJournal
dimulai pada Maret 1999.
- Andrew Smales
menciptakan Pitas.com pada bulan Juli 1999 sebagai
alternatif mudah untuk mempertahankan sebuah "halaman berita" di
situs Web, diikuti oleh diaryland pada bulan September 1999, lebih
berfokus pada komunitas buku harian pribadi.
- Evan Williams
dan Meg Hourihan (Pyra Labs) meluncurkan blogger.com pada bulan Agustus 1999 (dibeli
oleh Google pada bulan Februari 2003)
Jenis Blog
Ada berbagai
jenis blog, berbeda tidak hanya dalam jenis konten, tetapi juga dalam cara
konten yang disampaikan atau ditulis.
Personal blog
Blog pribadi,
sebuah buku harian yang sedang berlangsung atau komentar oleh seorang individu,
adalah blog, tradisional yang paling umum. Pribadi blogger biasanya bangga
dalam posting blog mereka, bahkan jika blog mereka tidak pernah membaca. Blog
sering menjadi lebih dari satu cara untuk hanya berkomunikasi; mereka menjadi
cara untuk merefleksikan hidup, atau karya seni.
Blogging dapat
memiliki kualitas sentimental. blog pribadi Sedikit naik ke ketenaran dan arus
utama, tetapi beberapa blog pribadi cepat menggalang pengikut luas. Salah satu
jenis blog pribadi, disebut sebagai microblog, adalah sangat rinci dan berusaha
untuk menangkap momen dalam waktu. Beberapa situs, seperti Twitter,
memungkinkan blogger untuk berbagi pikiran dan perasaan seketika dengan teman
dan keluarga, dan jauh lebih cepat daripada email atau menulis.
Perusahaan dan organisasi blog
Sebuah blog
bisa menjadi swasta, seperti dalam kebanyakan kasus, atau bisa untuk tujuan bisnis.
Blog digunakan secara internal untuk meningkatkan komunikasi dan budaya dalam
perusahaan atau eksternal untuk pemasaran, merek atau public relations tujuan
disebut blog perusahaan. blog serupa untuk klub dan masyarakat disebut blog
klub, blog kelompok, atau dengan nama yang mirip, penggunaan yang khas adalah
untuk memberitahu anggota dan pihak lain yang berkepentingan kegiatan klub dan
anggota.
Blog Aliran/Genre
Blog Aliran/Genre
Beberapa blog
fokus pada topik tertentu, seperti blog politik, blog perjalanan (juga dikenal
sebagai travelogs), rumah blog, blog mode , blog proyek, blog pendidikan, blog
niche, blog musik klasik, blog dan menanyai hukum blog (sering disebut sebagai
blawgs) atau dreamlogs. Dua tipe umum dari blog genre adalah seni blog dan blog
musik. Sebuah blog yang menampilkan diskusi terutama tentang rumah dan keluarga
tidak jarang disebut blog ibu Meskipun bukan jenis blog yang sah, yang
digunakan untuk tujuan tunggal spamming diketahui. sebagai sebuah Splog.
Blog Media
Blog Media
Sebuah blog
yang terdiri dari video disebut vlog, terdiri dari salah satu link yang disebut
linklog, sebuah situs yang berisi portofolio sketsa disebut sketchblog atau
terdiri dari sebuah foto disebut photoblog . Blog dengan posting pendek dan
campuran jenis media yang disebut tumblelogs. Blog yang ditulis di mesin ketik
dan kemudian dipindai disebut typecast atau typecast blog.
Blog Perangkat
Blog juga dapat
didefinisikan dengan jenis perangkat yang digunakan untuk menulis itu. Sebuah
blog yang ditulis oleh perangkat mobile seperti ponsel atau PDA bisa disebut
moBlog. Salah satu blog awal Wearable Wireless Webcam, sebuah buku harian
online bersama kehidupan pribadi seseorang menggabungkan teks, video, dan
gambar ditransmisikan langsung dari komputer dan perangkat EyeTap ke situs web.
Ini praktek blogging semi-otomatis dengan video hidup bersama dengan teks ini
disebut sebagai sousveillance. jurnal tersebut telah digunakan sebagai bukti
dalam permasalahan hukum.
Secara detail Jenis-jenis blog dapat di
jabarkan :
- Blog politik: Tentang berita,
politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
- Blog pribadi: Disebut juga buku
harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang,
keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
- Blog bertopik: Blog yang membahas
tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
- Blog kesehatan: Lebih spesifik
tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan
pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan,
dll.
- Blog sastra: Lebih dikenal sebagai
litblog (Literary blog).
- Blog perjalanan: Fokus pada
bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang
perjalanan/traveling.
- Blog riset: Persoalan tentang
akademis seperti berita riset terbaru.
- Blog hukum: Persoalan tentang
hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
- Blog media: Berfokus pada bahasan
kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran
atau jaringan televisi
- Blog agama: Membahas tentang agama
- Blog pendidikan: Biasanya ditulis
oleh pelajar atau guru.
- Blog kebersamaan: Topik lebih
spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
- Blog petunjuk (directory): Berisi
ratusan link halaman website.
- Blog bisnis: Digunakan oleh
pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
- Blog pengejawantahan: Fokus
tentang objek diluar manusia; seperti anjing
- Blog pengganggu (spam): Digunakan
untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Komunitas
blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk
dari [para blogger] berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan
asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang
tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan
kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat. Untuk bisa bergabung di
komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi
untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.
Blogosphere
Komunitas kolektif dari semua blog dikenal sebagai blogosphere. Karena semua blog di internet dengan definisi, mereka dapat dilihat sebagai saling berhubungan dan jaringan sosial, melalui blogrolls,, komentar LinkBacks (Refbacks, lacak balik atau ping balik) dan backlink. Diskusi “di blogosphere” kadang-kadang digunakan oleh media sebagai ukuran pendapat publik tentang berbagai isu. Karena baru, masyarakat belum tersentuh blogger dapat muncul dalam waktu beberapa tahun, internet marketer memperhatikan “tren di blogosphere”.
Komunitas kolektif dari semua blog dikenal sebagai blogosphere. Karena semua blog di internet dengan definisi, mereka dapat dilihat sebagai saling berhubungan dan jaringan sosial, melalui blogrolls,, komentar LinkBacks (Refbacks, lacak balik atau ping balik) dan backlink. Diskusi “di blogosphere” kadang-kadang digunakan oleh media sebagai ukuran pendapat publik tentang berbagai isu. Karena baru, masyarakat belum tersentuh blogger dapat muncul dalam waktu beberapa tahun, internet marketer memperhatikan “tren di blogosphere”.
BlogDay
BlogDay diciptakan dengan keyakinan bahwa blogger harus memiliki satu hari yang didedikasikan untuk mengenal blogger lain dari negara lain dan bidang yang diminati. Tanggal ditunjuk 31 Agustus karena ketika 3108 ditulis, itu menyerupai kata “Blog”. Pada hari itu, blogger merekomendasikan lima blog baru untuk pengunjung, sehingga pembaca menemukan blog baru yang sebelumnya tidak diketahui.
BlogDay diciptakan dengan keyakinan bahwa blogger harus memiliki satu hari yang didedikasikan untuk mengenal blogger lain dari negara lain dan bidang yang diminati. Tanggal ditunjuk 31 Agustus karena ketika 3108 ditulis, itu menyerupai kata “Blog”. Pada hari itu, blogger merekomendasikan lima blog baru untuk pengunjung, sehingga pembaca menemukan blog baru yang sebelumnya tidak diketahui.
Blog Search
Engine
Beberapa mesin pencari blog yang digunakan untuk mencari isi blog, seperti Bloglines, BlogScope, dan Technorati. Technorati, yang merupakan salah satu mesin blog yang paling populer pencarian, memberikan informasi terkini pada kedua pencarian populer dan tag digunakan untuk mengkategorikan postingan blog. komunitas riset bekerja pada pencarian kata kunci sederhana, dengan menemukan cara-cara baru untuk menavigasi besar jumlah menyajikan informasi di blogosphere, seperti yang ditunjukkan oleh proyek-proyek seperti BlogScope.
Beberapa mesin pencari blog yang digunakan untuk mencari isi blog, seperti Bloglines, BlogScope, dan Technorati. Technorati, yang merupakan salah satu mesin blog yang paling populer pencarian, memberikan informasi terkini pada kedua pencarian populer dan tag digunakan untuk mengkategorikan postingan blog. komunitas riset bekerja pada pencarian kata kunci sederhana, dengan menemukan cara-cara baru untuk menavigasi besar jumlah menyajikan informasi di blogosphere, seperti yang ditunjukkan oleh proyek-proyek seperti BlogScope.
Komunitas
Blogging dan Direktori
Komunitas online Beberapa orang ada yang terhubung ke blog dan blogger ke blogger lain, termasuk BlogCatalog dan MyBlogLog platform blogging bunga-spesifik. juga tersedia. Misalnya, Blogster memiliki komunitas yang cukup besar blogger politik di antara anggotanya.
Komunitas online Beberapa orang ada yang terhubung ke blog dan blogger ke blogger lain, termasuk BlogCatalog dan MyBlogLog platform blogging bunga-spesifik. juga tersedia. Misalnya, Blogster memiliki komunitas yang cukup besar blogger politik di antara anggotanya.
Blogging dan
iklan
Hal ini umum bagi blog untuk fitur iklan baik untuk finansial manfaat blogger atau untuk mempromosikan yang menyebabkan menjadi favorit blogger. Popularitas blog juga telah menimbulkan “fake blogs” di mana perusahaan akan membuat blog fiksi sebagai alat pemasaran untuk mempromosikan sebuah produk.
Hal ini umum bagi blog untuk fitur iklan baik untuk finansial manfaat blogger atau untuk mempromosikan yang menyebabkan menjadi favorit blogger. Popularitas blog juga telah menimbulkan “fake blogs” di mana perusahaan akan membuat blog fiksi sebagai alat pemasaran untuk mempromosikan sebuah produk.
Cara Mengganti Tema Blog
Template Blogspot-Merubah-Mengedit
Silahkan
login pada blogspot kamu, dengan mengunjungi www.blogger.com, lalu masukan
email dan password kamuSetelah masuk pada dasboard blogspot, klik pada tombol Design, kemudian klik pada tombol Template,
Sesaat
kamudian akan tampil jendela Blogger Template Designer,
Menu Template (pada menu ini disediakan template-template baru yang lebih bagus dari pada template yang lama, dan template ini bisa diedit sesuai dengan keinginan kamu, dan cara mengeditnya pun tidak repot, tinggal klik dan klik)
Coba pilih salah satu template blogspot yang kamu suka,
setelah kamu pilih salah satu, dibagian bawah akan muncul jendela preview template yang baru kamu pilih tadi. Pada setiap pilihan template terdapat beberapa sub menu template
Menu
Background (pada menu ini digunakan untuk mengganti warna atau gambar latar
template anda), pada menu Background
Images, klik pada tombol Panah yang berada di samping kanan
maka nanti akan muncul beberapa pilihan, begitu juga pada menu Main color theme, kamu juga
bisa mengganti sesuai dengan seleramu pada tombol panah itu.
ada dua menu pada Layout ini yaitu Body Layout, Footer layout.
pada body layout digunakan untuk mengganti layout body utama pada blogspot kamu, silahkan pilih salah satu.
Pada Footer layout digunakan untuk mengganti model footer layout blogspot kamu, ada 3 macam di sini yaitu footer dengan 1 kolom, footer dengan 2 kolom dan footer dengan 3 kolom.
pada
Adjust Width digunakan untuk mengatur lebar disain template blogspot kamu, ada
dua pengaturan di sini, yaitu pengaturan lebar isi blog, dan pengaturan lebar
sidebar blog, silahkan diatur sesukamu, tapi kalau tidak diatur lagi juga tidak
apa apa.
Advance
(pada menu digunakan untuk pengaturan template yang lebih detail, misalnya
mengganti jenis tulisan / font pada judul, atau pada artikel, dll, menganti
warna latar, dan lain), silahkan diotak atik sendiri ya….
jika
semua sudah disetting pengaturan template nya, yang terakhir adalah klik pada
Tombol APPLY TO BLOG yang berada
pada pojok kanan atas.
Lalu
lihat hasil pengaturan template yang telah kamu lakukan tadi dengan mengunjungi blog kamu,
Mengenal Fungsi Gadget Blogger
Gadget adalah fitur tambahan yang terdapat pada
sidebar berupa elemen yang berguna dan mudah digunakan baik yang telah
disediakan oleh penyedia layanan blog
yang anda gunakan atau yang berasal dari pihak ketiga. Selain untuk mempermudah
pengunjung blog dalam memahami sebagian isi blog, fitur ini juga dapat
memperindah blog anda dengan modifikasi gadget.
Penggunaan serta pemasangan widget sangat
dipermudah oleh pihak-pihak penyedia layanan sehingga yang anda lakukan hanya
mendaftar atau bahkan ada yang tidak perlu mendaftar sama sekali alias Cuma
mengcopy script yang telah disediakan dalam elemen blog.
Gadget yang dapat ditambahkan ke dalam blog
jumlahnya sangat banyak, baik yang terdapat dalam layanan blogger itu sendiri
lebih-lebih yang disediakan oleh penyedia lain.
Di bawah ini beberapa contoh gadget yang sering
dipakai oleh para blogger :
- Pengikut :
- Kotak Penelusuran.
- HTML/ JavaScript.
- Teks.
- Gambar.
- tampilan Slide.
- Baris Video.
- Polling.
- Daftar Blog.
- Label.
- Profil.
- Arsip Blog.
- Dll
Selamat Mencoba cuyyyy.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar